Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intip Asal Hewan Llama Yang Sedang Viral Yuk!



 Asal hewan llama. Tahukah kamu dari mana asal hewan llama? Llama berasal dari Amerika  Utara. Menurut laman Thoughtco nenek moyang llama awalnya hidup di tanah Amerika Utara, Namun saat zaman es jutaan tahun lalu llama pindah ke Amerika selatan. Llama masih masuk kedalam spesies yang sama dengan unta. Hewan ini mempunyai kisah yang cukup unik, Llama sangat agresif ketika dipaksa membawa barang yang terlalu berat. Ia bisa merasa kesal dan menendangmu saat itu juga. Namun walaupun begitu llama termasuk hewan pengangkut yang kuat dan tangguh melalui medan yang terjal. Hewan ini mampu membawa beban seberat 22-32 kilogram sejauh 32 kilometer dalam sehari. 


Walaupun llama terlihat mirip dengan kambing dan domba, tetapi ternyata llama masih satu keluarga loh dengan unta! Llama berasal dari Amerika Utara sedangkan Unta berasal dari asia tengah tetapi llama, alpaca, guanaco, dan vikuna masuk kedalam keluarga biologi camelidae. Apa itu Camelidae? Diambil dari wikipedia Camelidae adalah binatang berjari kuku genap, mereka diklasifikasikan dalam ordo Artiodactyla.  


Namun llama sering dibilang sama persis dengan alpaca. Tapi apa ya kira kira perbedaan llama dan alpaca? Yuk simak penjelasan berikutnya!


Perbedaan llama dan Alpaca


Sebelumnya sudah kita bahas bahwa llama dan alpaca masuk kedalam spesies yang sama yaitu Camelidae. Namun perbedaan antara hewan llama dan alpaca bisa kita lihat dari bagian fisiknya tepatnya pada bagian telinganya. Telinga yang dimiliki llama berukuran lebih panjang dibandingkan dengan alpaca. Telinga llama menyerupai pisang sedamgkan telinga alpaca berbentuk runcing dan lebih pendek. Selain itu ternyata perbedaan antara hewan llama alpaca bisa dilihat dari ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan tinggi hewan alpaca.


Alpaca mempunyai hidung yang tumpul serta mempunyai banyak bulu dibagian kepalanya sedangkan llama mempunyai hidung dan bentuk wajah yang lebih panjang dibandingkan Alpaca. 


Selain dapat dilihat dari fisiknya llama dan alpaca juga mempunyai manfaat yang berbeda. Llama lebih sering digunakan sebagai hewan pengangkut karena fisiknya yang lebih besar dan juga kuat. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa llama mampu menempuh jarak 22-32 kilogram dengan jarak sejauh 3,2 kilometer dalam sehari. Itulah mengapa llama sangat cocok dimanfaat sebagai hewan pengangkut barang.


Berbeda dengan llama, Alpaca sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan wol. Hal ini dikarenakan bulu alpaca mempunyai serat yang halus, bahan wol dari bulu alpaca mempunyai kualitas terbaik dengan warna yang sangat beragam loh!


Tak hanya manusia yang memiliki kepribadian yang berbeda beda. Ternyata hewan pun juga mempunyai kepribadian yang berbeda beda meskipun sama spesiesnya. Contohnya adalah llama dan alpaca sendiri, mereka mempunyai kepribadian yang berbeda. Llama lebih cenderung percaya diri dan berani serta dapat hidup mandiri, sehingga llama bisa melindungi dirinya sendiri. Sedangkan Alpaca mempunyai kepribadian yang cenderung pemalu dan biasa hidup secara berkelompok. Oleh karena itu julukan bagi alpaca adalah si anggun, karena memang alpaca lebih mempunyai kepribadian yang lembut daripada llama.

Kebiasaan yang kurang disukai pada hewan llama dan juga alpaca adalah suka meludah. Kedua hewan ini akan meludah apabila merasa terganggu dengan kehadiran mausia ataupun hewan lainnya yang dirasa mengganggu. Namun jika lebih diteliti lagi llama lebih sering meludah dibandingkan dengan alpaca. Sebelumnya sudah sedikit dibahas bahwa lama akan menendang apabila disuruh membawa beban yang terlalu berat, Dari situ kita bisa tahu bahwa llama mempunyai tingkat keagresifan yang lebih tinggi dibandingkan dengan alpaca. 


Posting Komentar untuk "Intip Asal Hewan Llama Yang Sedang Viral Yuk!"