Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia



Jenis Kopi indonesia yang mendunia. Apakah kamu tahu bahwa Indonesia termasuk salah satu produsen kopi terbesat didunia? Menurut data yang diambil dari kementrian perdagangan RI, Saat ini Indonesia berada pada posisi ke 4 setelah Brazil, Vietnam dan juga Kolombia. Bahkan karena banyaknya produksi biji kopi di Indonesia, Indonesia mampu menjadi supplier untuk para penikmat kopi di berbagai negara, Contohnya seperti Amerika Serikut, Jerman, Malaysia, dan juga Italia.


Teteapi pernahkah kalian bertanya tanya kenapa minat akan kopi Indonesia bisa tinggi? Hal ini dikeranakan karena cita rasa dari kopi Indonesia yang unik dan sulit ditemui dinegara negara lainnya.Tapi apakah kalian sudah tahu apa saja kopi Indonesia yang sudah berhasil mendunia? Simak penjelasannya berikut ini!


Kopi Robusta Lampung

Tanaman kopi robusta lampung memiliki karateristik yang kuat dan sangat mudah dirawat. Tetapi, Karena Lampung memiliki kisaran suhu 24-30 derajat celsius dan termasuk kedalam dataran strategis. Jenis kopi robusta ini bisa tumbuh subur dan memproduksi biji kopi dalam jumlah yang banyak. 


Menurut kementrian pertanian RI, Lampung sebagai produsen kopi yang berada dalam posisi kedua diseluruh indonesia. Setidaknya ada sekitar 106 juta ton Robusta yang dapat dihasilkan pada tahun 2018.


Kopi Arabika Aceh Gayo

Jenis kopi Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah kopi arabika aceh gayo. Jenis kopi ini dipanen diwilayah Gayo, Provinsi Aceh atau tepatnya di Kabupaten Aceh Tengah. Kopi ini memiliki ciri khas dengan aroma yang memikat yang intens dan rasa yang tidak terlalu pahit. 


Kopi ini juga mempunyai banyak penggemar, maka tak heran jika kopi ini termasuk kedalam jenis kopi indonesia yang mendunia. Selain rasa dan aromanya, biji kopi ini juga terkenal mempunyai rasa yang cukup clean ketika diteguk. Jadi wajar apabila biji kopi ini sering dipadu dengan biji kopi lainnya dan dijadikan kopi blend.


Kopi Arabika Mandailing

Jenis kopi indonesia yang mendunia selanjutnya adalah jenis kopi arabika mandailing yang merupakan hasil dari suku mandailing. Pada umumnya kopi ini tersebar diwilayah pulau Sumatra. Tapi tahukah kamu bahwa kopi ini termasuk kopi spesial karena kopi ini dikenal dunia dengan nama Sumatra Mandheling Coffe.


Kopi Arabika Mandaiing mempunyai karakteristik body yang tegas, Sensasi yang Smooth dan juga citra rasa yang kompleks. Apabila kamu meminum kopi ini maka pada saat kamu meminumnya kamu akan merasakan aroma herbal yang eksotis dan rasa yang bervariasi. Seperti coklat dan rempah rempah.


Kopi Liberika Riau


Apakah kamu tahu selain jenis kopi robusta dan Arabika ternyata masih ada satu jenis kopi lagi yang berasal dari indonesia. Jenis kopi ini adalah Liberika salah satu jenis kopi yang langka didunia dan hebatnya lagi kopi ini diproduksi juga di Indonesia tepatnya diwilayah rangsang, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.


Karakteristik yang dimiliki oleh kopi ini adalah mempunyai aroma seperti coklat, Namun saat meminumnya kita akan merasakan cita rasa yang cukup berbeda dari kopi yang biasanya kita minum sebab kopi yang satu ini memberikan sensasi rasa buah nangka.


Nah itu dia beberapa jenis kopi Indonesia yang mendunia. Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah bahwa setiap kopi mempunyai ciri khas dan karakteristiknya masing masing dan kita sebagai rakyat indonesia patut bangga dengan ini semua. Karena dengan kopi saja Indonesia mampu dikenal oleh banyak mata dunia.





Posting Komentar untuk "Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia"