Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Kecanduan Hp Dengan Membaca Buku


 

Mengatasi kecanduan hp dengan membaca buku. Seiring dengan berkembangnya jaman, perkembangan teknologi dibelahan duniapun juga semakin canggil. Seperti yang kita tahu, pada saat ini hampir semua orang dewasa tidak bisa jauh dari genggaman gadgetnya. Bahkan bukan hanya orang dewasa saja, anak anak dan remaja pun mulai tidak bisa  jauh dari gadget. Hal ini karena anak anak lebih tertarik pada fitur dan aplikasi aplikasi menarik yang ada pada gadget.


Kecanduan gadget pada remaja ini sangat berbahaya maka sebisa mungkin kita harus membatasi aktivitas menggunakan gadget sejak dini. Banyak cara untuk bisa mengatasi kecanduan gadget, salah satu cara untuk mengatasi kecanduan gadget adalah dengan membaca buku.


Cobalah untuk mengisi waktu luangmu yang sebelumnya terisi dengan kegiatan scroll sosial media menggunakan gadget dengan membaca buku. Dengan mengganti kebiasaan scroll sosial media tadi, kita sudah berusaha untuk mengurangi kecanduan gadget. Lalu tahukah kamu apa saja manfaat dari membaca buku selain dapat mengurangi kecanduan gadget.


Selain membaca buku tentunya masih banyak hal hal lain yang dapat membuat kita mengatasi kecanduan gadget. Yuk simak penjelasan berikut ini!


Cara Mengatasi Kecanduan Gadget


  1. Perbanyak bersosialisasi dengan teman

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kecanduan gadget adalah memperbanyak waktu untuk bersosialisasi dengan teman. Saat kamu berkumpul dengan teman temanmu, berusahalah untuk berintrasi dan mengobrol dengan temanmu. Hindari untuk bermain gadget satu sama lain. 


  1. Hapus aplikasi yang membuatmu kecanduan

Penyebab kecanduan gadget adalah karena ada beberapa aplikasi yang membuatmu tidak ingin berhenti untuk membukanya. Contohnya adalah aplikasi game ataupun social media. Aplikasi game bisa membuat kita kecanduan karena menimbulkan rasa tertantang dan ingin mencoba lagi dan lagi hingga tak sadar bahwa kita sudah kecanduan game tersebut. Yang kedua adalah aplikasi social media yang konten kontennya tidak bisa membuat kita berhenti untuk terus mengscrollnya. Aplkasi aplikasi yang kira kira membuat kita kecanduan bisa kita hapus dari gadget untuk mengatasi kecanduan gadget.


  1. Matikan gadget sebelum tidur

Hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kecanduan gadget selanjutnya adalah mematikan gadget sebelum tidur. Matikanlah gadgetmu 30-60 menit sebelum tidur.Karena kebiasaan banyak orang adalah saat ini


Sudah kita bahas dipenjelasan sebelumnya, bahwa membaca buku bisa membantu kita mengatasi masalah kecanduan gadget. Tapi tahukah kamu bahwa buku masih mempunyai banyak manfaat lain, mari kita simak manfaat manfaat membaca buku berikut ini!


Apa Saja Manfaat Membaca Buku?


Pasti kamu sudah pernah dengar bahwa buku dapat menambah pengetahuan dan melindugi otak dari penyakit seperti Alzheimer. Tapi ternyata tidak hanya itu loh! Buku juga bisa membuat kita tidak mudah stress dan lebih berpikir positif. Ini dia beberapa manfaat membaca buku!


  1. Melatih Ingatan

Saat kita membaca bagian otak yang berevolusi untuk fungsi lain seperti bahasa,pengelihatan dan pembelajaran asosiatif akan terhubung dalam sirkuit saraf tertentu ketika kita membaca. Pada saat membaca juga otak kita berusaha untuk berkonsentrasi alhasil ini menjadi sesuatu yang menantang.


  1. Memotivasi

Ketika kita membaca buku novel maka pada saat itu kita berusaha mengidentifikasi karaktek atau tokoh pada novel tersebut. Selain itu, kita juga bisa ikut merasakan kisah yang dialami oleh tokoh tokoh di novel tersebut. Maka dari itu kita dapat terdorong untuk mengambil hikmah dari cerita atau novel yang kita baca.


  1. Memperluas kosakata

Manfaat yang satu ini tidak bisa kita pungkiri bahwa benar ketika kita membaca buku kita dapat menemukan kosakata kosakata baru. Dengan banyaknya kosakata yang kita temukan disetiap membaca buku maka hal ini akan memperluas kosakatamu dan kamu bisa lebih pandai untuk merangkai kata kata dengan tafsiran yang luas.



Dari semua penejelasan diatas dari bagaimana cara menagatasi kecanduan gadget dengan membaca buku hingga manfaat membaca buku kamu bisa melakukannya bertahap agar bisa konsisten.



Posting Komentar untuk "Mengatasi Kecanduan Hp Dengan Membaca Buku"