Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Overthingking Remaja. Apakah Kamu Termasuk?





Penyebab Overthingking Remaja. Apakah kamu termasuk?. Overthinking merupakan salah satu penyebab stress dan istilah ini sering digunakan untuk orang orang yang terlalu banyak berpikir secara berlebihan. Kenapa bisa disebut berlebihan? Karena hal hal sepele juga akan dipikirkan terlalu dalam dan berlebihan. Maka dari itu, overthinking harus bisa kita hindari.

Orang yang mengalami overthingking akan berpikir secara berlebihan dan juga merasa khawatir dan gelisah. Overthingking ini biasanya dialami oleh para remaja. Kenapa pada masa remaja? Karena pada masa remaja biasanya mulai memikirkan masa depan, dan pemikiran mengenai masa depan itu bisa saja menjadi beban.


Perlu digaris bawahi, bahwa berpikir sebelum melakukan sesuatu memanglah hal yang wajar. Namun, Jika kita terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu hingga menyita waktu yang banyak juga bisa berdampak buruk unurk kesehatan mentalmu. 


Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja penyebab overthinking yang sering dialami oleh remaja. Simak penjelasan berikut ini! 


Penyebab Overthingking Pada Remaja


1.insecure

Kata insecure sudah tidak asing lagi bukan ditelinga kita? Insecure merupakan rasa kurang percaya diri , rasa minder karena melihat orang lain lebih perfect dari kita sehingga timbul rasa ingin mejadi seperti mereka yang terlihhat lebih sempurna. Tetapi seharusnya kita tidak boleh unutk merasa insecyre, kita harus bersyukur terhadap apa apa yang sudah kita miliki saat ini.


2.Rasa takut dan cemas yang berlebihan

Rasa takut dan cemas pastinya sudah pernah dirasakan setiap orang. Namun pada masa remaja rasa terkadang rasa cemas dan takut itu datang secara berlebihan. Hal ini dapat menjadi penyebab overthingking juga pada remaja. Terlebih lagi jika pada saat remaja dan mulai memikirkan berlebihan tentang masa depan lalu akan timbul rasa takut dan cemas ketika masa depannya tidak seindah ekspetasi yang ia remaja tersebut bayangkan. Hal hal seperti ini harus segera kita dihentikan, Karna berpikir berlebihan akan merusak kesehatan mental.


3.Overthingking dalam masalah asmara

Pada saat ini banyak remaja yang memilih untuk menjalin hubungan asmara. Nah, harus kamu ketahui bahwa dalam masalah asmara misalnya ketika kamu bertengkar demgan pasanganmu maka itu juga bisa menjadi penyebab overthingking pada remaja loh! Karena pada usia remaja biasanya kita belum bisa secara baik mengontrol emosi, maka dari itu overthingking dalam masalah asmara yang terjadi pada remaja juga menjadi penyebab overthinking diusia remaja.


4.Terlalu memikirkan pendapat orang lain

Mungkin diantara kalian pernah mendapat perkataan yang menyakiti hati dari orang lain dan setelah itu kamu terus memikirkan perkataan orang lain yang tadi menyakitimu. Saat kamu terlalu memikirkan perkataan orang itu maka tanpa sadar kamu juga telah overthinking, yaitu meikirkan secara berlebihan. 


5.Terlalu berekspetasi tinggi

Pada umumnya, orang dengan ekspetasi yang tinggi mungkin tampak lebih optimis dan bersemangat dalam menggapai masa depan yang cerah. Namun ternyata memiliki ekspetasi yang  tinggi juga bukan hal baik, karena saat kita mempunyai ekspetasi yang terlalu tinggi terkdang  kita tidak akan puas dengan pencapaian kita. Bahkan terlalu mempunyai ekspetasi tinggi tidak hanya menyebabkan overthingkin tetapi juga depresi.


Cara mengatasi overthingking


Untuk kalian yang bingung bagaimana cara mengatasi overthinking secara mandiri, kamu bisa menggunakan cara cara berikut ini!


1. Cari pengalihan

2. Ambil nafas panjang

3. Meditasi

4. Lihat gambaran yang lebih besar

5. Berbuat kebaikan untuk orang lain


Itulah penyebab overthinking pada remaja dan cara mengatasinya. Tetaplah berusaha untuk menjaga kesehatan mentalmu ya!





Posting Komentar untuk "Penyebab Overthingking Remaja. Apakah Kamu Termasuk?"