Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dari ustadz Zaidul Akbar, Penyebab munculnya uban saat masih muda

 Resep dari ustadz Zaidul Akbar, Penyebab munculnya uban saat masih muda. Sebagaimana yang sering kita ketahui, munculnya uban atau rambut putih yang biasanya dialami oleh orang yang sudah tua. Namun simasa sekarang ini, banyak remaja remaja yang masih muda tetapi rambutnya sudah beruban atau sudah muncul rambut putih. 


Tahukah kamu bahwa uban adalah salah satu tanda bahwa metabilisme tubuh sudah mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Tapi, kenapa uban bisa tumbuh saat usia muda? Apa penyebab munculnya uban saat masih muda tersebut?


Jika uban muncul saat masih diusia muda dan tidak ada unsur genetik yang mempengaruhinya maka cobalah cari tahu penyebab munculnya uban saat masih muda, bisa jadi penyebab itu karena makanan atau pola hidup yang mempengaruhinya. Simak penjelasan berikut agar kamu bisa tahu apa sebenarnya penyebab munculnya uban saat masih muda.


Penyebab Munculnya Uban





  1. Efek bahan kimia pada produk perawatan rambut

Barangkali diantara kalian yang mempunyai masalah ini juga sering memakai produk perawaan rambut, ternyata produk perawatan rambut yang kamu pakai bisa jadi adalah salah satu penyebab rambutmu beruban. Kandungan bahan kimia pada produk perawatan rambut yang bisa mempercepat rambut beruban adalah hidrogen peroksida. Apabila digunakan secara berlebihan maka hidrogen peroksida bisa mengurangi produksi melanin, sehingga dapat menyebabkan munculnya uban saat diusia muda.


  1. Kekurangan vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah vitamin yang mempunyai peran dalam tubuh untuk memberikan pasokan energi dan menunjang pertumbuhan rambut yang sehat. Jika kekurangan vitamin B-12 maka dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia perniosa. Jika sudah mengalami anemia maka otomatis produksi sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen keseluruh tubuh akan terhambat termasuk sel rambut, kurangnya asupan oksigen yang menuju rambut juga dapat mengakibatkan lemahnya sel rambut. Jika sel rambut mulai melemah maka produksi melanin juga berkurang.


  1. Stress

Setiap orang pasti pernah mengalami stress. Dampak stress yang mungkin sudah biasanya kalian dengar adalah sudah tidur, gelisah atau nafsu makan terganggu. Tetapi, Stress juga ternyata bisa menjadi penyebab munculnya uban diusia muda loh! 


Pada tahun 2013 sebuah studi menemukan bahwa stress dapat memicu penipisan sel induk pada folikel rambut tikus. Nature Medicine mempublikasikannya dan juga memngungkapkan bahwa stress dapat menguras zat pemberi warna pada rambut.


  1. Rokok

Mungkin yang sering kalian tahu efek sering merokok adalah terganggunya kesehatan paru paru ataupun pernafasan. Tetapi, ternyata rokok juga bisa menyebabkan munculnya uban diusia muda. Hal itu dikarenakan paparan rokok dapat menyebabkan pembuluh sarah menyempit sampai bisa mempengaruhi aliran dari darah ke folikel rambut. 


Cara Mengatasi Uban


Cara mengatasi uban ini disarankan oleh Dr. Zaidul Akbar dengan menggunkan ketumbar hitam.Ketumbar hitam mempunyai manfaat untuk megurangi rambut beruban yang belum masanya. Harus digaris bawahi bahwa disini yang digunakan adalah bukan ketumbar biasa, melainkan ketumbar organik. Ketumbar organik yang belum mengalami proses pemutihan atau penambahan zat zat lain yang dapat membahayakan.


Warna ketumbar organik akan lebih hitam dari ketumbar biasanya, oleh karena itu ketumbar ini akan dijual lebih mahal daripada ketumbar pada umumnya. Untuk cara penyajian kalian bisa menyajikannya dalam bentuk teh ketumbar. Cuci bersih satu sendok makan ketumbar lalu seduh dengan air panas setelah itu diamkan hingga hangat. Kalian bisa menambahkan pemanis atau bahan lain yang kalian suka.


Itulah beberapa penyebab munculnya uban saat masih muda dan cara mengatasinya. Untuk mencegah tumbuhnya uban diusia muda juga cobalah menerapkan pola makan bergizi lengkap dan seimbang.






Posting Komentar untuk "Resep dari ustadz Zaidul Akbar, Penyebab munculnya uban saat masih muda"