Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternayata media social juga berpegaruh terhadap kesehatan mental loh!



Ternayata media social juga berpegaruh terhadap kesehatan mental. Hadirnya media social dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi dan sosialisasi penggunanya yang bisa sampai menyebabkan adiksi bagi penggunanya. Beberapa survey bahkan menemukan korelasi yang cukup besar antara media social dan kesehatan mental. Media social memang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkakan dari aktivitas kehidupan sehari hari.Media social telah menjadi ruang dimana dimana kita membentuk dan membangun hubungan, membentuk identitas diri, mengekspresikan diri dan belajar tentang dunisa disekeliling kita. Mengingat pengguna media social sebagian besar adalah anak remaja yang pada usia itu merupakan fase yang sangat penting bagi perkembangan psikologis dan emosional mereka.

Salah satu survey yang dilakukan oleh American psychiatric Association menemukan bahwa sepertiga dari masyarakat amerika serikat, Yang termasuk dalam kelompok dewasa, menilai bahwa media social memiliki pengaruh yang buruk terhadap kesehatan mental.

Selain itu, dalam penelitian lain media social juga berpengaruh besar terhadap kesehatan mental, Kecemburuan dan penghargaan rendah terhadap diri sendiri.Oleh karena itu kita harus bisa dengan bijak menggunakan media social. Berikut adalah cara untuk melindungi kesehatan mental!

1.      Batasi waktu dan penggunaan media social

 

Kamu memang hidup didunia nyata tetapi kamu alih alih sperti hidup juga didunia maya, Sehingga kamu juga harus tetap menjaga komunikasi dengan orang orang yang nyata secara fisik yang berada dilingkunganmu. Cara untuk tetap bisa menjaga komunikasi dengan orang orang yang nyata secara fisik adalah dengan tidak mengecek ponsel saat kamu sedang menikmati quality time bersama keluarga dan juga sahabat contohnya seperti saat sedang makan bersama.

 

2.      Terapkan periode detoks

 

Beberapa riset telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa ketika selama lima hari sepekan tanpa penggunaan facebook maka dapat menurunkan tingkat stress dan justru akan meningkat kepuasaan hidup. Demikian juga dengan menerapkan detoks berupa penggunaan social media seperti facebook, Instagram dan lain lain yang hanya dilakukan selama 10 menit saja slama tiga minggu akan berdampak pada menurunnya rasa kesepian dan depresi.

 

Untuk kamu yang memang sudah setiap saat bermain media social mungkin akan sulit untuk memulai hal ini. Namun dengan adanya detoks ini bisa menjaga kesehatan mentalmu. Jika saat kamu mencoba menerapkan hak ini, kamu bisa mengganti kebiasaan bermain media social dengan melakukan hal hal yang produktif

 

3.      Berinteraksi dalam dunia nyata

 

Apa kamu termasuk orang yang sering mengabaikan lawan bicaramu dan lebih memilih untuk menatap layar ponsel digenggamanmu? Jika iya, Jangan lakukan hal itu lagi. Karna kamu juga perlu berinteraksi secara nyata didunia nyata.Mungkin kamu pernah mengucapkan temanmu yang baru saja menikah via  DM instagram atau twitter, Ya itu juga bukan hal yang salah. Tetapi alangkah baiknya jika kamu juga dating berkunjung keacara pernikahan temanmu jikalau memungkinkan. Jangan sampai kamu hanya mampu berinteraksi melalui media social tetapi tidak mau berinteraksi dikehidupan nyata.

 

4.      Berdiskusi jujur dengan diri sendiri

 

Tidak banyak yang benar benar sadar bahwa selama ini ketika merasa kondisi sedang tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan banyak orang yang menjadikan media socialnya untuk tempat pelarian.Contoh sederhananya adalah ketika kamu merasa jenuh dengan aktivitas atau pekerjaanmu, Kamu akan otomatis membuka media social seperti instagram atau twitter tanpa sadar kamu telah menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menscroll bermain media social.

 

Tak jarang ditemukan juga ada orang yang menggunakan media social untuk mengatasi rasa kecanggungan atau ketidaknyamanan saat berkominikasi secara langsung, lalu memilih media social sebagai pelariannya.

Itulah beberapa pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental. Jangan pernah sepelekan kesehatan mental anda, Karna kesehatan mental juga sangat penting untuk diperhatikan.

 

Posting Komentar untuk "Ternayata media social juga berpegaruh terhadap kesehatan mental loh!"