Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata kucing juga bisa kena flu loh!



Apakah kamu pernah mendengar kucing bersin? Sama seperti manusia, jika kucing bersin itu merupakan  hal yang wajar. Tetapi jika kucing sering bersin berkali kali dan dalam tempo sering itu bukanlah hal yang wajar, Kucing yang bersin bisa jadi kucing tersebut masuk angina atau menderita infeksi saluran pernapasan atas dan flu.

Apakah kamu akan menyangka bahwa kucing juga bisa terkena flu? Flu kucing dikenal sebagai penyakit pernapasan kucing, Penyakit ini sedikit mirip dengan flu yang dialami manusia dalam hal gejala. Ini sangat umum ditemukan pada kucing tapi tidak baik jika kucing yang sedang terkena flu dibiarkan saja. Penyakit flu yang menyerang kucing disebabkan oleh virus herpes kucing (FHV) atau calicivirus (FCV).

Virus ini dapat ditemukan didalam air liur kucing, air mata, dan sekresi hidung lalu menyebar melalui kontak antar kucing.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ketika kucing terkena flu tidak boleh dibiarkan begitu saja, karna flu ini dapat megancam jiwa kucing jika tidak segera ditangani, terutama jika yang terserang peyakit ini adalah anak kucing, Kucing tua dan kucing yang sudah mempunyai penyakit kuicng sebelumnya..

Kucing yang sering bersin tidak selalu terkena flu, Penyebab kucing bersin bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain sebagai berikut

·         Bau yang berbahaya

·         Menggelitik hidung

·         Benda benda asing seperti sehelai serat, rumput ataupun bulu.

·         Debu dan partikel udara lainnya

 

Apa tanda tanda kucing flu?

Jika kamu melihat kucing sering bersin ketika kamu sedang membersihkn rumah ataupun kamar mandi, mangkin kucing mengalami reaksi terhadap bahan kimia ataupun debu saat kamu membersihkan rumah.Tapi jika kamu melihat kucingmu bersin sambil mengeluarkan cairan dari hidung atau matanya serta bersamaan dengan hilangnya nafsu makan dari kucingmu, Maka bisa jadi kucingmu memang terkena flu.

Gejala gejala yang umum dari flu atau infeksi saluran pernapasan pada kucing adalah :

·         Kucing sering bersin berulang kali

·         Batuk atau menelan berulang kali

·         Kelesuan atau demam

·         Keluarnya cairan yang tidak biasa dari hidung atau mata yang berwarna kuning, bening, hijau atau    bahkan bisa sampai berdarah.

·         Dehidrasi atau nafsu makan kucing menurun

Dikarenakan banyak virus yang dapat menyebabkan infeksi dan juga infeksi ini bisa menular , maka disarankan peliharaan yang ada dirumah contohnya kucing sendiri, harus divaksinasi terlebih dahulu.Jika kamu mencurgai kucingmu mengalami infeksi saluran pernafasan atas, kamu bisa mencoba cara ini untuk mengetahuinya dengan cepat :

  • Kamu bisa membersihkan kotoran hidung dan juga wajah kucing dengan teratur dengan menggunakan kapas yang hangat dan lembab.

  • Cobalah untuk membuat kucingmu makan dengan menghangatkan terlebih dahulu makanan kalengnya.

  • Nyalakan humidifier untuk membantu menjaga kelembapan rongga hidung kucing yang kamu punya.


Selain melakukan hal hal diatas, jika kucing sering bersin atau sudah pasti terkena flu maka kamu harus segera menghubungi dokter hewan jika kucing atau anak kucingmu benar benar menunjukan tanda tanda penyakit karena hal itu dapat menyebabkan kebutaan atau kerusakan pada mata secara permanen, Pneumonia, Dan kerusakan jangka panjang pada saluran hidung dan sinus.

Selain disebabkan oleh virus FHV atau FCV. Penyebab flu pada kucing juga bisa dikarenakan oleh bakteri Chiamydophila felis dan bordetella yang menjadi penyebab batuk juga pada anjing. Dan perlu kalian tahu bahwa Bordetella memiliki angka kematian yang relatif tinggi pada anak kucing.

 

 


Posting Komentar untuk "Ternyata kucing juga bisa kena flu loh!"