Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Laundry Rumahan dari Nol

 


Usaha laundry rumahan dari nol bagi pemula yang bisa anda coba. Apakah anda sedang mencari bisnis dengan modal minim yang bisa anda jalankan dari rumah? Nah, usaha laundry jawabannya. Selain operasionalnya yang mudah untuk dijalankan, modalnya yang terjangkau, dan keuntungan yang didapatkan juga terbilang menggiurkan karena akan cepat balik modal. Anda berminat mencobanya? Maka pahami dulu apa saja yang perlu anda siapkan untuk memulai bisnis ini.
Sesuai dengan perkembangan jaman, saat ini manusia dituntut untuk hidup dengan cepat dan dinamis. Terlebih lagi jika anda tinggal di kota-kota besar yang mayoritas adalah pekerja kantoran dan pelajar/mahasiswa. Sering banget kita tidak sempat mencuci atau menyetrika pakaian karena sibuk bekerja dan belajar. Pakaian kotor yang menumpuk bikin kepala pening dan mood memburuk. Nah, berangkat dari keresahan masyarakat akan kebutuhan laundry maka lahirlah bisnis usaha laundry rumahan ini.

Peluang Usaha Laundry

Peluang usaha laundry memang menggiurkan, hanya dengan modal minim dapat menghasilkan omset yang yang luar biasa jika menggunakan perencanaan dan pengelolaan yang tepat.
Lalu apa saja sih keuntungan dari usaha laundry rumahan ini?

  • Bisnis dilakukan dari rumah, anda tidak perlu repot mencari pelanggan. Anda tinggal menunggu dan pelanggan yang akan datang dengan sendirinya demi jasa anda. Jika pelayanan anda baik, maka pelanggan tersebut akan merekomendasikan pada teman-temannya yang lain. Sehingga pelanggan baru akan berdatangan.
  • Anda tidak perlu membuat produk. Karena anda menjual jasa dan kepuasan pelanggan. Maka yang harus anda perhatikan adalah memastikan bahwa kualitas pelayanan anda baik. Mulai dari cucian yang bersih, wangi dan rapi. Hingga adanya pelayanan khusus antar jemput jika memungkinkan.
  • Pastikan anda mengambil lokasi yang strategis seperti di dekat wilayah perkantoran, dekat daerah kos-kosan ataupun kampus. Sebab para pekerja dan mahasiswa biasanya sangat membutuhkan jasa laundry ini.
  • Mudah untuk di jalankan, karena tidak membutuhkan skill khusus. Dalam menjalankan bisnis ini hanya membutuhkan keterampilan mencuci, dan menyetrika. Yang mana semua orang pasti bisa melakukannya, hanya saja tidak mempunya waktu luang atau kadang malas untuk melakukannya.
  • Target pasar yang luas. Semua orang pasti membutuhkan jasa ini, mulai dari karyawan, mahasiswa, bahkan hingga ibu rumah tangga seringkali butuh jasa ini. Dan usaha laundry pun tidak melulu tentang mencuci pakaian, tetapi juga bisa anda perluas lagi, seperti menyediakan jasa laundry sepatu, karpet, springbed dan lain-lain.
  • Biaya operasional yang relatif terjangkau. Hanya dengan bermodalkan mesin cuci dan alat setrika anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Selain itu kebutuhan lainnya seperti pewangi baju dan deterjen bisa anda beli di tempat pemasok laundry sehingga biaya lebih murah.

Usaha Laundry kiloan untuk pemula

Usaha laundry kiloan menjadi ide bisnis yang paling recomended nih! Selain target pasarnya yang luas, modalnya pun tidak begitu besar. Berikut tips-tips bagi anda yang baru pertama kali akan membuka usaha laundry:

  • Pilihlah lokasi yang strategis. Memilih lokasi yang tepat berpengaruh besar pada keuntungan yang akan anda dapat. Anda dapat memilih lokasi dekat perkantoran atau area kampus, sehingga anda akan mendapatkan banyak pelanggan.
  • Tentukan harga yang sesuai. Anda bisa survey harga terlebih dahulu. Jika target market mahasiswa maka pastikan harga yang anda tetapkan sesuai dengan kantong mahasiswa.
  • Berikan pelayanan yang bervariasi. Seperti adanya pelayanan khusus antar jemput, atau pelayanan laundry express yang mengutamakan kecepatan pengerjaan. Tentunya pelayanan khusus tersebut memiliki harga yang berbeda dari pelayanan biasanya.
  • Jangan ragu untuk melakukan promosi dan discount untuk mengenalkan jasa anda, terlebih saat grand opening.

Demikian penjelasan dari peluang usaha laundry rumahan dan tips-tipsnya untuk anda yang berminat membuka usaha ini.
Perlu anda ingat juga bahwa tidak ada bisnis tanpa resiko. Meski modalnya tidak banyak, anda perlu melakukan perencanaan strategi dengan tepat untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Usaha Laundry Rumahan dari Nol"