Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM

Indonesia sebagai negara berkembang secara ekonomi terus meningkatkan strateginya untuk mendongkraknya. Salah satu langkah nyata yang pemerintah lakukan adalah menggerakkan UMKM. Usaha ini melibatkan masyarakat umum untuk berkontribusi dalam perekonomian bangsa. Keberadaan unit usaha ini membantu meratakan level perekonomian masyarakat. Dengan demikian kesenjangan antara golongan semakin mengecil. Kehadiran UMKm yang semakin menggeliat mampu menyerap tenaga kerja hingga 70 persen. Kolaborasi pemerintah, swasta dan akademisi untuk mendorong kualitas dan kuantitas UMKM berhasil membawa angin segar. Sumbangsih uni usaha ini juga berhasil menyumbangkan devisa negara dalam jumlah yang fantastis. Pentingnya digital marketing bagi UMKM memegang peranan penting dalam mendorong perkembangannya. 

Pengertian Digital Marketing

Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena sejak merebaknya sosial media seperti Facebook, Instagram, dan tik tok istilah ini semakin kita kenal. Secara harfiah digital marketing mengandung dua kata yaitu digital dan market.  Jika kita maknai istilah ini kita gunakan untuk proses jual-beli menggunakan kanal social media atau web. Semua hal tersebut tidak lepas dari internet.  Perkembangan teknologi dan informasi telah menjadi kebutuhan dasar manusia saat ini. Hampir semua lini kehidupan telah mengalami digitalisasi. Mulai dari komunikasi, pembelajaran, administrasi hingga jual beli. Salah satu media digital marketing paling sederhana adalah berjualan menggunakan status wa, ig stori, atau VT. 

Versi yang lebih kompleks telah tiap sosial media sediakan untuk penggunanya berbentuk khusus. Sebut saja marketplace, fb/ig ads, ig/fb organik dan masih banyak lagi.  Kita memerlukan pengetahuan dan skill yang baik untuk mengelola sarana tersebut agar bisa bermanfaat. Nah di sinilah pentingnya digital marketing penting untuk UMKN. 

Solusi Bagi UMKM

Keberadaan sosial media dan penggunaan internet yang semakin maju mampu mewadahi UMKM dalam penjualan. Masalah krusial yang hampir semua unit usaha hadapi saat ini adalah marketing. Meski produknya telah berhasil terbuat. Kita perlu strategi untuk menjualnya agar bisa menghasilkan uang. Pelatihan terstruktur seperti yang yuksonline.com hadirkan menjadi solusi terbaik.  Beberapa manfaat skill digital marketing bagi uni usaha adalah

Pentingnya digital marketing bagi UMKM


Pertama membuka peluang penjualan yang lebih luas. Dengan strategi berjualan yang tepat pada tiap media yang kita gunakan, maka pelanggan baru lebih mudah datang. Selain itu repeat order juga lebih potensial. Kedua UMKM dengan dana yang terbatas bisa menghemat biaya. Karena interaksi via sosial media jadi lebih mudah. Tidak memerlukan biaya khusus untuk promosi. Bukankah hal tersebut menjadi sangat menguntungkan untuk perkembangan UMKM. Ketiga strategi menjual dengan basis internet memungkinkan unit usaha menjadi lebih masif dan produktif. E marketing akan membantu penelitian mengenai pasar, analisis minat market yang menjadi sasaran lebih mudah. Karena fitur-fitur tersebut telah tersedia. Kamu hanya perlu untuk menguasai skillnya. 

Materi Digital Marketing

Jangan salah terkah ya. E course digital marketing ini bukan hanya untuk pemula ya tapi juga yang expert. Begitu banyak pembelajaran mengenai digital marketing yang selalu up to date. Ada 500 kurikulum yang mereka readykan untuk memanjakan pelanggan loh. Kamu akan merasakan mendapat bimbingan selangkah demi selangkah. Kamu akan bisa langsung kamu rasakan sejak kelas pertama setelah belajar e course ini. Soal harga tidak perlu risau. Karena berbeda dengan kelas kursus elektronik lainnya yang harganya hingga jutaan. Di sini mereka memilki paket hanya dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu saja. Penasaran? Yuk gabung dengan kami!




Posting Komentar untuk "Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM"