Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis SWOT Bisnis Kurma Segar

Industry kurma di Indonesia memang masih terbilang baru. Hal ini karena dulu distribusi kurma ke Indonesia masih terhambat. Sebagaimana kita ketahui buah ini hanya tumbuh di negara arab dengan karakteristik tanah tersendiri. Masyarakat Indonesia bisa leluasa menikmatinya saat musim tertentu saja seperti musim haji atau umroh. Namun seiring dengan  perkembangan zaman, semua hal yang jauh bisa lebih dekat. Termasuk dalam bisnis kurma. Perkembangan dalam teknik packing hingga arus distribusi yang sudah bervariasi memudahkannya. Makanya tak heran sekarang kita bisa menikmati buah kurma sepanjang tahun. Nah mendekati bulan puasa biasanya permintaan akan melonjak. Bagi yang ingin mencoba berbisnis kurma atau ingin mengembangkan bisnisnya, kali ini kita akan membahas mengenai analisis swot bisnis kurma segar.

Mengenal Analisis SWOT

Analisis swot adalah suatu cara untuk memetakan potensi bisnis untuk terus kita kembangkan. Dalam hal ini kita akan membuat mapping mengenai 4 indikator yang mempengaruhi kesuksesan bisnis kurma basah. Analisis swot ini kita lakukan untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang dan resiko yang bisnis kita hadapi. Dengan melakukan swot kita bisa merancang strategi jitu untuk mempertahankan eksistensi bisnis kita. Biasanya analisis ini juga kita gunakan saat akan merancang strategi ekspansi. Analisis swot bisnis kurma segar memang akan sangat membantu kita baik yang masih pemula maupun yang telah ahli. Apalagi di tengah perubahan global yang cepat, permintaan pasar harus bisa kita prediksikan agar bisa tetap bertahan.

Manfaat Analisis Swot

Perubahan yang cepat di dunia bisnis bisa mengakibatkan banyak resiko. Kondisi bisnis yang stabil saja saat ini bahkan bisa merugi sewaktu-waktu jika tidak terus berkembang. Melakukan analisis swot akan membantu kita sebagai pengusaha untuk membaca situasi secara real dan objektif. Dengan demikian strategi efektif bisa kita rancang untuk memastikan usaha tetap berjalan lancar. Tanpa memahami situasi terkini seorang pengusaha bisa kehilangan peluang untuk mengembangkan usaha atau sekadar bertahan.

SWOT juga membantu kita untuk mengidentifikasi faktor penghambat. Sebagian orang mungkin memiliki pelanggan tetap yang loyal, pelanggan baru juga terus bertumbuh tapi omset tidak bertambah. Nah situasi ini menunjukkan ada hal yang menghambat pertumbuhan bisnis kita. Namun kita mungkin bingung dimana ya? Dalam kondisi ini maka melakukan analisis swot bisnis kurma segar adalah tindakan tepat.

Dengan melakukan analisis swot yang tepat maka kita bisa mendesain strategi untuk mencapai sasaran bisnis. Dengan demikian kita bisa meningkatkan peluang untuk mencapai kesuksesan berbisnis buah segar

Identifikasi Kekuatan (Strengths)

Langkah pertama untuk melakukan analisis SWOT bisnis kurma segar adalah mengenal apa saja kekuatan dari bisnis kita.

Pastikan kualitas produk kita selalu unggul. Caranya temukan distributor kurma segar yang terpercaya. Kabar baiknya untuk memastikan itu kita bisa membeli produk dari ruthob rayyan. Distributor kurma terbesar di Indonesia dengan produk terbaik. Berbisnis dengan mereka akan membantu kita mempertahankan kekuatan bisnis dari sisi kualitas produk.

Produk yang berkualitas akan memastikan loyalitas pelanggan kita terus bertambah. Repeat order akan terus berdatangan. Jika tingkat penjualan terus meningkat bisa kita pastikan bisnis kurma akan terus berkembang

Memilih ruthob rayyan menjadi mitra bisnis akan membantu kita menguatkan jaringan distribusi se nusantara. Bagi pebisnis pemula mendapatkan dukungan jaringan bisnis seperti ini sangat efektif mendorong perkembangan bisnis kita.

Identifikasi Kelemahan (weaknesses)

Kelemahan dari bisnis kurma konvensional adalah bergantung pada musim. Kurma memiliki musim panen tersendiri. Ketepatan waktu dalam memanen akan membantu kita untuk mendapatkan buah dengan kualitas tinggi. Sebaliknya panen pada waktu yang tidak tepat, misalnya terburu-buru bisa menurunkan kualitas dari buah. Untuk itu kelemahan ini berpotensi menjadi keunggulan atau kekuatan bisnis jika kita menemukan pemasok yang stabil. Oleh karena itu memiliki ruthob rayyan sebagai pemasok utama kita adalah langkah yang sangat tepat. Tujuannya agar jumlah produk kita tetap stabil meski sedang tidak musim panen.

Persaingan bisnis. Salah satu hal yang paling pebisnis takuti adalah munculnya pesaing yang kompetitif. Kelemahan ini bisa kita ubah jadi kekuatan dengan memiliki ciri khas yang hanya bisnis kita miliki. Misalnya saja jika memiliki produk yang berkualitas atau paket diskon yang bervariasi. Hal ini akan membantu kita untuk tetap menjadi nomor satu di hati pelanggan

Identifikasi peluang (opportunities)

Dalam melakukan analisis swot bisnis kurma segar ,kita juga harus mengetahui peluang dengan baik.

Tren kesehatan dengan olahan kurma. Salah satu peluang kita adalah kesadaran masyarakat saat ini pada kesehatan. Bisa kita lihat dengan munculnya puluhan hingga ratusan influencer gym dan pola hidup sehat. Salah satu yang selalu mereka share adalah menggunakan buah seperti kurma basah dalam menu harian. Bahkan riset juga mendukung hal ini, bahwa mengkonsumsi kurma secara rutin bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan sari kurma sebagai salah satu olahan kurma dokter anjurkan bagi ibu hamil. Artinya semakin sadar masyarakat pada manfaat kesehatan dari buah kurma makan potensi besar bagi kita untuk mendapat pelanggan baru. Kita bisa memulainya dengan berbagai artikel kesehatan sebagai manfaat kurma yang share lewat web bisnis.

Membangun kerja sama dengan ruthob rayya sebagai strategi bisnis yang efisien. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bermitra. Salah satunya saling membantu dalam menjangkau target pasar yang lebih luas. Selain itu berbisnis dengan ruthob raya memungkinkan kita untuk mendapatkan berbagai produk kurma pilihan dengan harga yang terjangkau.

Identifikasi Ancaman (treats)

Nah yang paling penting untuk memastikan strategi bisnis yang telah kita rancang dapat berjalan baik adalah identifikasi ancaman. Dalam analisis SWOT bisnis kurma segar, ancamannya bisa beragam.\

Peraturan pemerintah mengenai impor dan distribusi kurma. Hal ini tentu tidak bisa kita kendalikan ya. Oleh karena itu kita harus senantiasa melakukan up to date mengenai regulasi yang berlaku. Tujuannya agar proses distribusi pasokan atau produk pelanggan bisa tetap lancer.

Harga yang berubah-ubah sewaktu-waktu. Jika terjadi peristiwa besar secara global biasanya ini berpengaruh pada harga produk pangan. Misalnya saja jika terjadi bencana alam yang menyebabkan kebun kurma hancur, maka pasokan jadi lebih sedikit. Dampaknya karena permintaan tetap tinggi, maka harga kurma bisa naik drastis. Dalam kondisi seperti ini tentu kita harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan pasokan. Selain itu potensi jumlah pelanggan yang belanja juga berkurang. Oleh karena itu analisis swot bisnis kurma segar ini sangat penting untuk membantu kita persiapan antisipasi.

Gimana? Mau mulai bisnis dari sekarang atau lebih cenderung untuk mengembangkannya? Pastikan untuk tetap mempertahankan kualitas produk kurma ya. Belanjalah di https://ruthobrayan.com/ untuk memastikan kualitas produk terjamin. Ada berbagai varian kurma yang tersedia dengan mutu terjaga. Informasi selengkapnya dapatkan di link di atas atau hubungi 628176926789.

Posting Komentar untuk "Analisis SWOT Bisnis Kurma Segar"