Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Google Maps Untuk Bisnis Aki Mobil



Saat ini dunia bisnis konvensional mengalami ancaman serius. Sudah jadi pemandangan yang biasa toko-toko swalayan yang dulunya ramai jadi sepi pengunjung. Hal ini terjadi karena digitalisasi yang masih telah terjadi di seluruh belahan dunia. Termasuk dalam bisnis aki mobil. Sebagai pemilik usaha kita sebaiknya segera melakukan integrasi digital juga untuk mendukung eksistensi usaha. Salah satu caranya dengan membuat google map untuk bisnis kita. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat google maps untuk bisnis aki mobil.

Mengenal Google Maps Untuk Bisnis

Google memiliki perhatian besar terhadap perkembangan bisnis di seluruh dunia. Untuk mendukung perkembangan usaha di semua sektor, google memberikan layanan gratis untuk google my bisnis untuk membantu kita mengelola kehadiran online suatu usaha. Dengan kita mendaftarkan usaha di google bisnisku secara langsung kita telah bergabung dengan ekosistem google. Dalam ekosistem ini ada dua layanan yang akan sangat membantu kita menghadirkan usaha di dunia online yaitu google maps dan google pencarian. Artinya jika usaha aki mobil kita telah terdaftar di google bisnisku maka public bisa menemukan usaha kita lewat google. Cukup dengan mengetik nama usaha kita maka google akan mengarahkan kita ke maps. Dengan demikian pelanggan dan calon costumer akan mudah mengakses lokasi usaha kita. Artinya tingkat kunjungan pelanggan menjadi lebih luas. Para pelanggan baik lokal maupun nasional bahwan international bisa menemukan lokasi usaha aki mobil lewat google maps. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat google maps untuk bisnis aki mobil? Namun sebelumnya kita perlu memahami apasa saja manfaat dari google maps untuk bisnis.

Manfaat Google Maps Untuk Bisnis

Peningkatan visibilitas bisnis. Setiap usaha tentu menginginkan keuntungan sebesar-besarnya. Salah satu  jalan untuk mewujudkan hal itu adalah membuat bisnis kita mudah masyarakat temukan. Dalam strategis bisnis lama, mungkin kita akan mencari lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan yang ramai. Namun saat ini strategi ini tidak cukup lagi untuk mendongkrak jumlah kunjungan pelanggan. Karena masyarakat mulai menggunakan gadget mereka dalam mencari tempat, maka kita juga harus memastikan mereka menemukan usaha kita di dunia maya juga. Apalagi bagi pelanggan yang tidak mengenal daerah lokasi usaha seperti turis lokal dan asing. Keberadaan google maps akan sangat membantu mereka untuk menemukan lokasi bisnis kita.

Memberikan informasi yang komprehensif. Mempelajari cara membuat google maps untuk bisnis aki mobil membuka kesempatan kita untuk mempromosikan usaha secara online. Karena saat membuat google maps maka kita menyediakan berbagai informasi penting. Misalnya lokasi yang tepat, jam buka dan tutup, jenis barang yang kita sediakan, situs web hingga foto. Bukan hanya itu saja, kita bisa mencantumkan kontak untuk menerima pesanan online dari customer baru. Sehingga angka penjualan bisa terus meningkat dari waktu ke waktu.

Testimoni nyata. Para pelanggan yang telah menggunakan google maps untuk bisnis aki mobil kita berkesempatan untuk memberikan ulasan. Ulasan ini tentu akan menjadi testimoni nyata bagi masyarakat. Testimoni tersebut menjadi representasi dari kualitas pelayanan dan produk yang pelanggan dapatkan dari toko kita. Artinya secara tidak langsung citra usaha juga sangat terbantu dari ulasan pelanggan tersebut. sehingga calon pelanggan lain bisa lebih mudah trust pada bisnis kita.

Memberikan insight bisnis. Fitur yang sangat menarik dari google maps adalah laporan analisis pelanggan. Melalui fitur ini kita bisa melihat cara interaksi pelanggan dengan bisnis kita. Ada juga jumlah klik per hari yang membantu kita menemukan tren dari pelanggan. Dengan mempelajari hal ini kita bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk memberikan diskon atau promo untuk menarik pelanggan lebih banyak.

Cara Membuat Akun Google Maps

Persiapkan alat dan materi yang akan kita gunakan untuk membuat akun google bisnisku. Beberapa hal yang harus kita catat dengan baik adalah nama toko, alamat lengkap, kategori bisnis, kontak, link website jika ada, foto dan video. Yang tidak kalah penting adalah pastikan memiliki akun gmail yang aktif. Karena akun gmail ini nantinya akan menjadi alamat pengiriman informasi segala aktivitas dari bisnis kita.

Kunjungi situs web google my bisnis atau download aplikasinya. Tekan tombol start untuk masuk ke akun. Sinkronkan dengan gmail yang kita gunakan. Cara membuat google maps untuk bisnis aki selanjutnya adalah mengisi setiap kolom informasi. Kita bisa mulai dengan mengetik nama bisnis yang sesuai dengan papan nama di lokasi usaha.

Untuk menunjukkan spesifikasi dari usaha aki mobil ini maka pilihlah kategori yang jelas misalnya otomotif.

Tetapkan lokasi bisnis dengan mengetik alamat lengkap mulai dari jalan, nomor, rt/rw, kelurahan, kecamatan, kota, kabupaten, provinsi, negara hingga kodepos. semakin detail informasi yang kita input maka semakin mudah bisnis kita masyarakat akses. Google maps akan melakukan verifikasi titik lokasi dari alat yang kita input tadi. Pastikan mensetting titik lokasi yang tepat dan akurat.

Informasi masih tambahan seperti foto dan video dengan resolusi tinggi serta real akan membantu pencitraan toko aki mobil dengan baik.

Setelah semua informasi kita lengkapi maka kita tinggal menunggu verifikasi dari google soal kepemilikan bisnis. Kode tersebut biasanya mereka kirim lewat pesan. Setelah kita input kode tersebut maka proses pembuatan google maps telah usai.

Tips Membangun Citra Bisnis Aki Mobil Dengan Google Maps

Pastikan memakai foto yang real dari usaha aki mobil. Semakin tinggi resolusi foto akan semakin menarik pelanggan. Kita bisa mengambil angle foto yang berbagai sudut yang berbeda agar pelanggan bisa mengimajinasikan kondisi toko. Arti Nya semakin bagus foto yang kita beri maka semakin menarik bagi pelanggan. Namun satu hal yang menjadi kunci utama dari pencitraan yang baik adalah kejujuran. Oleh karena itu gunakan foto yang real dengan resolusi tinggi untuk menunjukkan citra yang baik.

Mencantumkan deskripsi singkat dan informative. Karena kita menawarkan berbagai layanan dan produk aki. Maka sebaiknya ada informasi singkat yang memberikan gambaran umum dari produk dan layanan tersebut. kita bisa mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi website resmi kita untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Cara membuat google maps untuk bisnis aki yang baik perlu terus kita update. Apalagi jika ada hari libur atau hari raya, jam buka mungkin saja berbeda dari biasanya. Sehingga kita perlu update agar membantu pelanggan datang saat toko benar-benar buka

Gimana? Tertarik untuk membuat google maps untuk bisnis terbaik anda? Contoh akun google maps yang baik bisa kita lihat di Toko Aki Solo. Kita bisa mendapatkan ragam informasi menarik seputar aki hanya di aki solo. Informasi lengkapnya dapatkan di toko aki atau hubungi 081329987171.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Google Maps Untuk Bisnis Aki Mobil"