Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Logo untuk Bisnis Perusahaan Kamu



Logo adalah elemen yang teramat penting bagi semua organisasi, termasuk perusahaan. Kapan ada perusahaan yang ga punya logo? Ga mungkin kan. Bisnis perusahaan pastinya punya logo yang mewakili identitas atau brand yang dimiliki perusahaan tersebut. Logo adalah hal esensial, sehingga ia ga bisa diabaikan sama sekali. Selain mewakili identitas, logo juga berfungsi untuk merepresentasikan nilai, misi, dan citra perusahaan kepada khalayak ramai. Dalam artikel ini, mari kita pahami lebih lanjut pentingnya logo untuk perusahaan.

Membangun Citra Perusahaan dengan Logo

Fungsi utama dari logo adalah sebagai identitas merek atau brand yang ingin dijual oleh perusahaan. Identitas merek ini salah satunya berjenis identitas visual. Salah satu identitas visual yang harus banget ada adalah logo itu sendiri. Logo ini mewakili jati diri bisnis perusahaan pemilik logo itu. Dengan visualnya, logo bisa menciptakan identitas visual yang unik dan terus diingat oleh para konsumen. Logo-logo ikonik seperti milik McDonald, KFC, Indomie, Honda,dan lain sebagainya adalah sedikit contoh dari perusahaan-perusahaan besar dengan logo yang terkenal. Ketika melihat logo mereka di suatu produk, kita langsung ngeh siapa pembuatnya. Itulah kenapa logo penting untuk membuat konsumen selalu inget sama perusahaan kita. 

Agar logo bisa menjadi identitas yang tetap dan terlihat ikonik di mata konsumen. Logo harus dibuat dengan desain yang simpel dan mewakili identitas yang ingin kamu promosiin kepada para konsumen. Ga lupa juga, logo harus konsisten dipake ketika kamu mau promosi ke media dan platform-platform lainnya buat ningkatin kesadaran merek (brand awarness) kepada para pelanggan.  

Desain logo juga diperlukan buat membangun citra profesional pada bisnismu. Dengan logo, para konsumen memandang bisnis mu itu dijalankan dengan serius. Walaupun  begitu, syarat biar orang lain liat perusahaanmu dengan serius harus dilakuin dengan nerapin desain yang bagus dan ngasih kesan positif kepada calon sonsumen dan mitra bisnis. Dengan desain yang terlihat profesional pula, bisnis perusahaanmu akan dipandang punya kredibilitas dan akan menarik kepercayaan baik kepada pelanggan maupun mitra bisnis.

Logo Sebagai Komunikasi Nilai dan Visi Perusahaan

Selain membentuk identitas dan kesadaran merek kepada para konsumen maupun mitra bisnis, logo juga punya fungsi untuk mengkomunikasikan nilai dan visi yang perusahaan kamu miliki. Bagaimana bentuk logo dan filosofi yang terkandung di dalamnya adalah representasi seluruh nilai dan budaya yang dimiliki oleh perusahaanmu. Ia adalah cerminan dari nilai-nilai inti yang perusahaan kamu bawa kepada para konsumen maupun mitra bisnis perusahaan. Jika perusahaanmu punya fokus pada green job atau produk-produk ramah lingkungan, maka logo dengan warna dominan hijau dengan dan elemen-elemen alam menjadi bagian yang penting buat kamu masukin ke desain logomu.

Selain ingin menggambarkan nilai dan budaya yang perusahaan kamu bawakan kepada khalayak publik, logo juga bisa kamu gunain buat mengomunikasikan visi dan misi perusahaan kepada para konsumen. Visi dan misi adalah salah satu aspek dari identitas perusahaan yang mewakili kira-kira apa aja filosofi dan makna dari produk dan tujuan kenapa perusahaan itu berdiri. Sebelum menampilkannya dalam logo, kamu perlu merenungkan terlebih dahulu kenapa perushaan berdiri dan punya tujuan apa ketika perusahaan ini sudah berjalan dan berkembang nanti.

Selain buat memberitahu kepada khalayak apa aja nilai dan visi perusahaanmu, logo juga punya fungsi untuk membedakan perusahaanmu dengan perusahaan lainnya, terutama perusahaan yang menjadi kompetitormu. Logo membantu bisnis perusahaanmu memiliki keunikan tersendiri dibandingkan perusahaan kompetitor yang ada di pasar. Dengan logo, perusahaanmu bisa mendapatkan poin keunikan yang tidak dimiliki oleh bisnis perusahaan lainnya. Keunikan yang didapatkan dari pemakaian logo ini bisa kamu manfaatin buat memposisikan merek perusahaanmu ketika bersaing di pasar. Salah satu contoh bagaimana logo membantu pemosisian produkmu adalah ketika logo yang minimalis dan punya gaya pop cocok untuk perusahaan minuman manis boba dan kopi kekinian. Sementara itu, logo yang punya gaya klasik dan cenderung maksimalis cocok untuk perusahaan yang menyediakan kopi hitam dan minuman klasik yang disukai oleh orang tua.

Logo Bisa Digunakan dengan Fleksibel

Logo bisa dipake di media apapun untuk menunjukkan apa itu perusahaanmu. Media adalah salah satu alat yang penting buat promosiin perusahaanmu ke khalayak publik. Media punya kemampuan untuk menyebarkan informasi dengan jangkauan dan kecepatan tertentu. Gak heran, media selalu menjadi andalan bisnis perusahaan untuk mempromosikan produk-produk mereka. Dalam mempromosikan perusahaan, logo memainkan peranan penting untuk menunjukkan produk kepada para calon konsumen.

Ada berbagai media yang bisa kamu gunain untuk memasukkan logomu, yaitu kartu nama, website, kemasan produk, iklan, dan media sosial. Agar bisa diaplikasikan ke berbagai media, logo yang kamu pake harus fleksibel dan bisa diubah-ubah ukuran dan formatnya biar bisa ditempel di manapun.

Selain itu, logo juga membantu membuat konsistensi merek pada perusahaanmu. Dengan logo yang konsisten, kamu bisa membangun identitas merek yang kuat dan mudah diinget sama para konsumen. Agar desain konsisten, buatlah logo yang baik dan jangan mudah berganti-ganti logo biar konsumen ga pada bingung. Jika pun berganti logo, jangan sampai identitas perusahaan hilang sama sekali. Mengganti logo yang baik dilakukan dengan mempertahnkan elemen utama dari logo yang dimilikioleh perusahaanmu.

Logo sebagai Daya Tarik Visual

Selain sebagai komunikasi merek dan nilai-nilai perusahaan, visual yang menarik pada logo juga bisa memikat perhatian para konsumen. Logo dengan desain yang memorable dan unik akan selalu dikenang oleh para konsumen. Dengan logo yang menarik, para konsumen akan menjadi lebih tertarik buat mencari tahu lebih lanjut produk yang kamu jual. Di sisi lain, logo yang menarik bisa bikin konsumen mempromosikan logomu lebih lanjut, misal dengan memparodikan logo yang tetap mempertahankan identitas logomu sendiri. Logo yang diparodikan ini tetap bisa menjadi bahan promosi gratis buatmu, seperti logo KFC yang sering diparodikan dengan gambar-gambar lainnya.

Karena bisa menarik perhatian, logo juga mampu membikin produmu jadi hal yang pertama kali diingat oleh para konsumen. Logo yang didesain dengan menarik dan simpel membuat perusahaan mudah diinget dan selalu nempel di kepala  para konsumen, sehingga para konsumen akan selalu mengingat produk dan bisnis perusahaanmu.

Dengan daya tarik visual dan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya, kamu bisa bangun loyalitas konsumen lewat  logo. Hubungan emosional membuat pelanggan merasa terhubung dengan logo dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Loyalitas yang terbangun berfungsi untuk meningkatkan penjualan dan kepopuleran bisnis perusahaan kamu. Selain itu, loyalitas dan hubungan emosional pelanggan dengan logo juga mampu membangun pengalaman merek yang intim antara konsumen dengan perusahaan.

Jasa Pembuatan Logo Perusahaan

Ada banyak fungsi yang membikin logo penting buat bisnis perusahaanmu. Karenanya, udah saatnya kamu bikin logo yang ikonik dan mudah diingat sama konsumen kalo mau perusahaanmu laku dan selalu berada di hati konsumen. Buat kamu yang ingin mendesain logo perusahaan tapi bingung, kamu bisa pakai jasa desain logo di Wuapic Visual  agensi branding agensi branding yang bisa kamu hubungi lewat Whatsapp ini: 085696906217. Ga cuma logo perusahaan aja, Wuapic Visual juga melayani pembuatan desain produk, website, personal branding, dan lain sebagainya.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Logo untuk Bisnis Perusahaan Kamu"